Jakarta, Gotoseajobs.com - Berbicara tentang Turbocharger kita
berbicara tentang sebuah equipment yang berputar dengan putaran lebih besar
dari 8,000 RPM hingga 12,500 RPM atau bahkan lebih besar lagi sesuai dengan
jenis dan type Turbocharger nya.
Dan juga berbicara tentang Turbocharger, kita berbicara tentang
temperatur yang tinggi dan panas dari Engine dan itu menggambarkan bahwa kita
sedang berbicara mengenai sebuah benda berputar dengan putaran tinggi dengan temperatur
yang juga tinggi pula yaitu kurang lebih 450° C - 600° C.
Dalam keadaan yang sangat baik Turbocharger
beroperasi dengan sangat baik pula dimana Rotorshaft yang ditumpu Bearing
berputar dengan lancarnya tanpa ada
sedikitpun Restriksi.
Tapi bagaimanakah keadaannya bila ada suatu
restriksi atau kendala yang mengganggu perputaran Rotorshaft itu? Gangguan
terhadap putaran Rotorshaft ditandai dengan adanya Vibrasi yang terjadi pada
Rotorshaft yang sedang berputar dengan putaran sangat tinggi.
BIla hal ini kita biarkan maka Vibrasi akan
semakin besar dan Rotorshaft akan Unbalance dan bila dibiarkan terus maka yang
terjadi akan semakin parah dimana Bearing berputarnya juga tidak balance dan
akhirnya Bearing Damage ( rusak );
Pada saat rotorshaft berputar dengan tidak
balance, gerakan shaft secara Axial dan Radial akan tidak baik sehingga
Rotorshaft akan menyentuh dan menggesek bagian lainnya ( rubbed ); Turbine
blades akan bergesekan dengan Nozzle Ring, Comprssor Wheel akan bergesekan
dengan Wall insert, inducer Whell akan bergesekan dengan Wall Insert, sealing
Bush ; Guide Bush, dan bagian yang lainnya.
Effect dari Vibrasi pada Rotorshaft bila
dibiarkan akan berakhir pada Turbocharger Breakdown satu kata yang paling
ditakuti bagi operator mesin diesel.
Vibrasi pada rotorshaft Turbocharger
kebanyakan timbul akibat dar kekotoran yang terjadi pada rotorshaft dan tidak
pernah di maitenanance sehingga kekotoran yang walaupun sedikit akan membentuk
kotoran yang sifatnya melekat dan cara mengatasi dan mencegahnya ialah dengan
melakukan:
1. Cleaning menurut maker instruction
manual secara berkala.
2. Dynamic Balancing Rotorshaft secara
berkala juga akan memperkecil terjadinya Vibrasi pada Rotorshaft
3. Water washing selagi Turbocharger dalam
operasi juga akan memperkecil resiko vibrasi oada Rotorshaft.