Header Ads

Electronic Timing Injection for Cylinder Oil Untuk Penghematan Pemakaian Cylinder Oil di Kapal

Ilustrasi: marineinsight

Jakarta,eMaritim.com - Menyambung artikel sebelumnya mengenai Specific Fuel Oil Consumption pada kesempatan ini saya akan meneruskan untuk membahas penghematan pemakaian Cylinder Oil .

Selain upaya penghematan bahan bakar ( fuel oil ), Retrofitting Turbocharger diatas kapal, Penghematan pemakaian Cylinder Oil juga sangat signifikan dalam upaya untuk menekan Operational Cost kapal sehingga perusahaan diharapkan dapat survive dalam menghadapi situasi ekonomi seperti sekarang ini .

Umumnya fuel oil consumption membebani kurang lebih 20% dari Total Cost perusahaan penyedia transportasi kapal dan pemakaian Lubricating Oil ( Lub Oil ) consumption membebani kurang lebih 70% dari Maintenance Cost kapal.

Nilai ini sangat signifikan sekali, oleh karena itu penghematan pada pemakaian bahan bakar dan cylinder oil harus dijalankan, karena selain alasan penghematan cost juga karena alasan Marine Polution Prevention yang sangat disuarakan akhir akhir ini oleh Pemerintah.

Dan jika kita berbicara mengenai Penghematan pemakaian Cylinder Oil saat ini maka kita akan berbicara mengenai :

1. Cylinder Oil Lubricator
2. Electronic Timing Injection for cylinder oil.

Apa yang membedakan  Cylinder Oil Lubricator konvensional dan Electronic Timing Injection ialah Timing nya tidak tepat sehingga terkadang supply cylinder oil dapat terlalu cepatataupun terlalu lambat sehingga Resiko terjadinya Keausan ( wear ) akan semakin cepat.

Kedua ialah Flow rate Cylinder Oil terlalu besar sekali yang berarti pemborosan atau terlalu kecil yang berarti tidak mencukupi sehingga akan terjadi: Keausan yang berlebihan; deposit yang berlebihan didalam Cylinder Liner.

Lubricator yang berbasis electronic ini sangat berbeda dengan Lubricator konvensional seperti di kapal kapal lama pada umumnya.

Lubricator yang berbasis electronic ini sangat presisi baik dalam timing penyemprotan cylinder oil maupun cylinder oil flow rate sehingga terjadinya keausan ( wear ) dapat diperkecil atau diperlambat dan terjadinya cylinder oil yang terlalu banyak di cylinder liner akan dapat dihindari sehingga pemborosan pun akan terhindari.

Peralatan Lubricator ekectronic seperti ini sudah ada yang terpasang pada beberapa Engine  generasi terbaru,dan bukan tidak mungkin Lubricator electronic ini dapat diadaptasi pengaplikasiannya untuk engine jenis lawas.

Bagaimana menurut pendapat anda ? (Adiely Nduru)

By: Adiely Nduru
Free konsultasi

 Free Engineering Consultant

No comments