Header Ads

Turbocharger VS Spesifikasi Engine ?

Jakarta,23/01/2018, eMaritim.com - Pengalaman pertama saya sebagai Junior Marine Engineer mengingatkan saya pada satu pertanyaan yang berkecamuk dalam pikiran saya: Apakah setiap Type Turbocharger applicable untuk semua Engine atau apakah setiap Turbocharger bisa semaunya kita tukar tukar untuk setiap Engine?

Kalau memang jawaban dari pertanyaan diatas adalah semua applicable dan bisa ditukar tukar apakah efek terhadap Engine Performance makin baik ataukah makin turun?

Pertanyaan selanjutnya adalah sympton dari turunnya performance Engine apakah akibat dari turunnya performance Turbocharger? Soal:1

Pertanyaan pertanyaan tersebut diatas dapat dijawab sebagai berikut:

Ternyata tidak setiap Turbocharger Applicable untuk setiap Engine dan tidak setiap turbocharger bisa di pindahkan dari satu Engine ke Engine yang lain.

Karena untuk 1type Engine telah dibuat 1 type Turbocharger yang sesuai dengan karakterisitik Engine tersebut berdasar pada perhitungan perhitungan mengenai Engine tersebut dan data data ini tentu adalah bersifat rahasia untuk Engine Builder.

Tentunya untuk melengkapi Turbocharger yang akan terpasang maka pabrik pembuat Turbocharger akan mengolah semua data dari Engine Builder untuk membuat Turbocharger yang akan terpasang di Engine yang mereka buat untuk nantinya setelah Engine terpasang komplit dengan pototype Turbocharger

Selanjutnya diadakan serangkain test meliputi NDT (Non Destructive Test ) dan DT ( Destructive Test ) dari serangkaian Test tersebut dan analisa dari pada Engine Builder dan Turbocharger Maker keluarlah hasil setelah test yaitu Engine A equipped with Turbocharger Type A spesifikasi AA BB CC dipastikan bahwa Type dan Spesifikasi Turbocharger yang terpasang pada Engine A tersebut dapat menghasilkan efisiensi pemakaian bahan bakar Engine sebesar D (sesuai hasil test ) .

Jadi kesimpulan yang dapat ditarik dari tulisan ini ialah:

1. Tidak semua Type Turbochager Aplicable untuk setiap Engine
2. Setiap TURBOCHARGER yang terpasang di Engine akan membuat karakter tersendiri di Engine tersebut
3, Kesalahan dalam penentuan Spesifikasi Turbocharger akan mengakibatkan Engine berubah karakternya sehingga kesalahan dalam penentuan Turbocharger akan berakibat bukannya menaikan tetapi malah menurunkan performa Engine tersebut.

Jadi tidak semua Turbocharger applicable untuk semua Engine.

Bagaimana menurut anda ? ( AN )
Direct Consultant
Penulis: Adiely Nduru MM , M.Mar.Eng

No comments