Status Gunung Agung 'Awas', TNI Siapkan Kapal Rumah Sakit -->

Iklan Semua Halaman

Status Gunung Agung 'Awas', TNI Siapkan Kapal Rumah Sakit

Ananta Gultom
Friday, September 29, 2017

Sumber Foto | ANTARA
Cilegon, eMaritim.com � Banyaknya masyarakat  di wilayah Kabupaten Karangasem, Bali yang mengungsi akibat status Gunung Agung yang naik dari siaga menjadi awas dan siap meletus kapan saja. Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan akan dan siap membantu pengungsi dalam hal apapun dan menyiapkan Kapal Rumah Sakit yang siaga di tepi pantai.

"Tentara Nasional Indonesia ada Angkatan Darat, Laut dan Udara. Punya peralatan yang dipersiapkan untuk perang, sehingga harus siap siaga 24 jam," kata Gatot di Cilegon, Kamis 28 September 2017 seperti dikutip Viva.

Ia mengaku TNI memiliki segala kebutuhan dalam keadaan darurat. Seperti dapur umum, rumah sakit lapangan, rumah sakit kapal, dan juga ada pesawat yang selalu siap sedia ketika dibutuhkan.

"Dapur umum kami bisa masak sampai 5.000 (porsi). Kami juga ada rumah sakit lapangan, ada kapal rumah sakit, pesawat juga. Ini semuanya kami siagakan. Apabila setiap saat diperlukan, tinggal kami gerakan," ujarnya

Gtot juga mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, salah satunya Menteri Kesehatan, Nila Moeloek. Ia mengatakan siap mengerahkan pasukan, apabila Kemenkes memerlukan bantuan.

"Kami sudah menyampaikan kepada ibu Menteri, apa yang diperlukan kami akan siapkan. Seperti kapal rumah sakit, ada, kami siapkan. Kemudian rumah sakit lapangan ada,� tuturnya.(*)